Selasa, 18 Juni 2019


Persiapan yang matang pasti membawa keberhasilan, termasuk saat Kamu akan menghadapi tes TOEFL. Persiapan tes bukan hanya mengambil kursus saja. Namun, Kamu juga harus mempersiapkan mental dan fisik yang sehat agar dapat berkonsentrasi. Tes TOEFL sangat penting untuk mengukur kemampuan dan kecakapan Kamu dalam berbahasa Inggris.

Tips Tepat Hadapi Tes TOEFL

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan diseluruh dunia. Dalam sebuah instansi tertentu mengharuskan sertifikasi bahasa Inggris atau yang dikenal dengan TOEFL. Sehingga Kamu harus mengikuti pelatihan dan tes TOEFL dengan baik. Berikut tips tes TOEFL untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

1. Persiapan Alat dan Dokumen

Saat Kamu mengikuti tes TOEFL, Kamu harus menyiapkan alat tulis dan dokumen yang diperlukan. Dokumen harus disiapkan saat Kamu mendaftarkan diri. Dokumen tersebut meliputi pas foto, kartu identitas, dan sebagainya. Kamu juga harus membawa alat tulis yang dibutuhkan terutama pensil dan penghapus.

2. On Time

Membiasakan datang tepat waktu adalah hal yang sangat baik. Jika Kamu datang on time, ada waktu untuk mempersiapkan diri dan menenangkan diri. Sehingga Kamu tidak merasa tegang dan dapat berkonsentrasi dengan maksimal. Jika rute tempat tes jauh, Kamu harus memperkirakan jam berangkat agar tidak telat sampai tujuan.

3. Rencanakan Strategi

Rencanakan strategi saat mengerjakan soal TOEFL. Jangan terlalu lama memikirkan soal yang tidak bisa dijawab karena itu akan membuang waktu saja. Kamu bisa melanjutkan soal yang dapat dikerjakan, terutama pada bagian Listening. Soal yang belum terjawab, bisa dikerjakan saat part reading.

4. Jawab Semua Soal

Dalam tes TOEFL tidak ada pengurangan nilai. Sehingga Kamu harus menjawab semua soal walaupun hanya tebakan. Kamu bisa membuat tebakan yang masuk akal, eliminasi pilihan yang pasti salah. Jangan menghabiskan waktu terlalu lama untuk satu pertanyaan saja. 

5. Gunakan Waktu Semaksimal Mungkin

Dalam tes TOEFL tidak ada jeda antara part reading dan listening. Sehingga Kamu harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjawab soal dengan baik. Selalu fokus pada soal yang Kamu bisa. Jangan mengingat soal yang belum dikerjakan. Soal tersebut bisa Kamu isi jika ada sisa waktu saat part reading.

6. Latihan Soal TOEFL

Sebelum mengikuti tes TOEFL yang sesungguhnya, Kamu bisa latihan mengerjakan soal TOEFL baik secara online ataupun offline. Saat ini ada banyak situs online yang dapat Kamu manfaatkan untuk latihan. Salah satunya situs ef.co.id yang menyediakan fasilitas belajar bahasa Inggris untuk kalangan dewasa yaitu EF Adults.

0 komentar:

Posting Komentar