Senin, 17 Juni 2019


Sekarang ini sudah mudah ditemui tawaran kredit mobil yang menggiurkan mulai dari bunga yang ringan, bahkan ada yang menawarkan diskon sampai puluhan juta yang membuat banyak orang tertarik untuk menyetujuinya.

Beberapa mobil bahkan ada yang ditawakan dengan uang muka sangat kecil berkisar 10 jutaan saja, yang artinya dengan menyerahkan uang 10 juta kamu sudah bisa membawa pulang mobil baru idaman kamu.

Namun jangan salah, semua itu bisa jadi hanya sebuah trik arketing untuk membuat orang jadi lebih tertarik untuk melakukan kredit mobil, memang membeli mobil dengan cara kredit bukan hal yang salah tapi akan lebih baik jika kita lebih hati-hati agar uang yang kita bayarkan tidak terlampau besar.

Harga mobil saat ini dari yang paling murah saja bisa mencapai ratusan juta rupiah, maka dari itu untuk membelinya perlu perencanaan yang matang dulu. Membeli mobil tidak bisa serampangan seperti membeli baju seharga ratusan ribu rupiah apalagi seperti membeli kopi sachet. 

Maka itu, akan lebih tepat bila sebelum memutuskan membeli kendaraan roda empat, kamu menimbang untung ruginya lebih dahulu. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Pertimbangkan Kebutuhan
Hal paling utama yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu adalah kebutuhan mobil itu sendiri, apakah membeli mobil sudah tidak bisa ditunda lagi, atau masih bisa di tuunda dulu. Pastikan Anda tidak membeli sesuatu yang tidak begitu perlu, hal ini juga berlaku pada mobil yang akan Anda beli nanti. Pertimbangkan dengan matang hal ini, agar Anda tidak menyesal dan membeli mobil hanya sebagai sebuah pajangan saja di garasi Anda tanpa pernah digunakan secara maksimal.

2. Jenis Mobil
Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah jenis moil yang akan dibeli. Tak ada salahnya memilih jenis mobil yang murah, karena walaupun terbilang murah mobil juga akan menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah. Kalian bisa membeli mobil baru dengan jenis city car yang terjangkau untuk mengurangi budget, namun jangan salah mobil murah jaman sekarang juga tak kalah modern dan mewah atau kalo kalian punya keahlian dalam otomotif kalian bisa membeli mobil bekas. Saat kalian membeli mobil bekas kalian akan dituntut untuk memiliki keahlian khusus untuk melihat kondisi dan keadaan mobil tersebut agar tidak membeli mobil bekas dalam kondisi yang buruk dan beresiko menghabiskan banyak dana dalam perawatannya kelak.

3. Sesuaikan Dengan Kemampuan Financial
Nah ini yang paling penting difikirkan matang sebelum memutuskan membeli mobil dengan cara kredit. Idealnya cicilan hanya menggunakan 30% dari pendapatan kalian. Saat akan membeli sebuah mobil, maka berbagai macam hutang atau cicilan lainnya juga patut untuk Anda pertimbangkan. Misalnya cicilan Kredit Kepemilikan Rumah, bila ternyata hingga saat ini Anda masih memiliki cicilan KPR maka ada baiknya menunda pembelian mobil tersebut hingga KPR tersebut selesai.

Kebanyakan masyarakat terkesan memaksakan diri mengajukan kredit mobil tanpa menghitung kemampuan finansialnya terlebih dahulu. Seringkali ini yang menyebabkan banyaknya kredit macet dan menagkibatkan mobil ditarik oleh leasing, sangat disayangkan bila hal itu terjadi, padahal sudah mengeluarkan dana yng cukup banyak untuk membayar uang muka.

Menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang telah memiliki tanggungan anak dalam usia sekolah, yang mana hal tersebut akan membutuhkan banyak sekali biaya. Bila ternyata Anda tidak memiliki sejumlah dana atau tabungan yang khusus untuk sekolah anak, maka ada baiknya Anda menunda untuk membeli mobil di saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar