Kamis, 16 Mei 2019


Bila ingin merasakan sensasi lengkap destinasi wisata, Sukoharjo tempatnya. Ada eksotisme nature dan culture yang luar biasa. Selain sejarah, Sukoharjo juga memiliki destinasi wisata religi. Komposisi ini menyempurnakan #PesonaMudik2019.

"Secara kultural dan geografis wilayah Sukoharjo ini dekat dengan Surakarta atau Solo. Dengan kedekatan ini wajar bila destinasi Sukoharjo ini sangat lengkap. Mereka juga memiliki situs arkeologi yang besar di Kartosuro," ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Sukoharjo memiliki beberapa spot terbaik. Ada jejak Kraton Kartasura di Ngadirejo. Wilayah ini juga memiliki histori beberapa tokoh besar. Sebut saja Sutawijaya yang akhirnya menjadi menjadi Raja Pajang. Atau, jejak Ki Ageng Purwoto Sidik yang jadi guru Raden Mas Karebet atau Jaka Tingkir.

"Selain menikmati nature-nya yang luar biasa, tidak ada salahnya membuka lagi wawasan histori yang besar. Sukoharjo ini situs sejarah dan pengetahuan yang besar. Tujuannya agar kita tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa yang besar. Jadi, saya ucapkan selamat berlibur dan menikmati sejarah hebat di Sukoharjo," lanjut Menpar.

Berikut #Top10DestinasiLebaran di Kota Sukoharjo yang wajib dikunjungi.

1. Curug Krajan

Memiliki wilayah dengan sebagar geografis lengkap, Sukoharjo juga memiliki air terjun. Destinasi ini diwakilkan kepada Curug Krajan. Lokasinya berada di Weru, Sukoharjo. Tepatnya berada di sisi selatan Sukoharjo. Karena lokasinya yang tersembunyi, kawasan ini masih sangat alami. Airnya jernih dan sangat menyegarkan. Wajar bila destinasi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Selain panoramanya yang eksotis, spot di sini juga sangat instagramable. Detail ornamen batu-batunya sangat khas. Generasi zaman now berkunjung ke Curug Krajan untuk mengeksplore hobi fotoggrafi. Dengan keheningan yang dimilikinya, Curug Krajan menjadi destinasi ideal mengasingkan diri sejenak dari hiruk pikuk dan rutinitas keseharian.

2. Gunung Sepikul

Wisata Gunung Sepikul ini berada di wilayah Gentan, Sukoharjo. Lokasi ini memiliki keindahan yang luar biasa. Konsep petualangan pun ditawarkan dengan rute eksotis terbaik menuju puncak bukit. Rute ini bisa ditembus dari Dukuh Gunung Lor, Desa Tiyaran, Bulu. Begitu sampai di lokasi, pengunjung hanya perlu membayar parkir. Sepeda motor Rp2.000, lalu mobil Rp5.000.

Track yang ditawarkan pun cukup menantang. Pengunjung disuguhi track dengan elevasi sekitar 40-60 derajat. Namun, jalan yang dilalui sangat bagus. Di Gunung Sepikul ini ada banyak pilihan spot. Yaitu Watu Jaran, Watu Kandang, watu Tinggik, Watu Pawon, dan Watu Tumpuk. Saat berada di spot-spot itu, pengunjung akan mendapatkan panorama yang bebeda.

3. Waduk Mulur

Destinasi Waduk Mulur Bendosari ini memiliki pesona luar biasa. Lokasinya di Bendosari, Sukoharjo. Ada beragam senasi yang ditawarkan. Bagi penikmat pancing, maka waduk ini merupakan destinasi terbaik. Waduk ini memiliki varian ikan terbaik berupa jenis toman. Di sini juga terdapat ikan gabus dan patin. Pada moment tertentu, waduk ini juga menjadi venue lomba lomba dayung, jetski, dan motor air.

Kawasan ini memiliki luas 120 hektare, lalu 90 hektare diantaranya merupakan waduk. Menjadi zona yang potensial, beberapa pengembangan terus dilakukan. Waduk Mulur Bendosari juga juga memiliki beragam wahana permainan air. Ada perahu kayuh juga waterboom.

4. Telaga Claket

Wisata Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di jl raya nguter, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Telaga Claket di Nguter Sukoharjo Jawa Tengah ini dikelilingi oleh bukit-bukit. Telaga Claket ibarat surga yang tersembunyi dan masih natural menyatu dengan alam. Suasana hening bernafaskan hembusan angin membawa para pengunjung akan merasa nyaman duduk di area Gazebo telaga sebelum turun ke telaga untuk mengambil gambar moment teristimewa.

5. Telaga Biru

Meski secara administratif Telaga Biru masuk dalam kawasan Gunung Kidul, tapi letaknya yang tidak jauh dari Sukoharjo membuat telaga ini jadi favorit anak muda Sukoharjo. Telaga Biru terletak di antara perbatasan Sukoharjo Gunung Kidul tepatnya di Desa Tandansari. Jika kamu ingin berkunjung ke Telaga Biru, datanglah saat siang hari karena cahaya matahari yang memancar akan membuat telaga ini berubah biru sempurna. Kalau tidak ada pancaran cahaya matahari, maka air di telaga ini akan berwarna hijau.

Tidak hanya menyaksikan pesona Telaga Biru, kalau kamu ada di sini kamu juga bisa foto-foto dengan latar belakang tebing bebatuan yang merupakan bekas pertambangan. Buat yang ingin berlayar di atas Telaga Biru bisa kok nyewa perahu kecil atau Gethek yang sudah disiapkan disekitar telaga. Sip daaah!

6. Dam Colo

Di Kecamatan Nguter Sukoharjo terdapat sebuah bendungan yang gak kalah kece dengan tempat lainnya. Bendungan ini sebenarnya dibangun untuk menampung air sungai tapi kekeceaannya telah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke sana. Bendungan yang melintasi sungai Bengawan Solo ini menyajikan pemandangan alam yang indah. Gak hanya itu kamu juga bisa memancing disekitar kawasan bendungan dan tentunya foto-foto di atas batuan yang ciamik banget. Untuk masuk ke kawasan bendungan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri ini, kamu tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

7. Transformer Park

Spot selfie kekinian merupakan salah satu destinasi buruan para millennials. Karena menjadi buruan para wisatawan, banyak kota atau daerah di Indonesia yang sengaja memunculkan tempat baru bernuansa foto-foto instagenic. Nah, ngomongin masalah spot foto instagenic, Sukoharjo memiliki lokasi baru yang bisa dibilang hits dan cocok untuk spot foto kekinian. Namanya adalah Transformer Park.

Transformer Park ini berada di Kompleks Proyek Bengawan Solo Perum Jasa Tirta I, tepatnya berada di sebelah barat Transmart Pabelan. Lokasi ini adalah tempat penataan dumptruck bersejarah sebagai saksi bisu kegigihan dan totalitas pembangunan infrastruktur Sungai Bengawan Solo. Sisa-sisa kegagahan truk-truk ini masih terlihat jelas, meskipun sudah rusak, namun masih terlihat kokoh dan elok.

Nuansa vintage langsung terasa saat kamu datang ke lokasi ini. Berfoto di antara dumptruck tua akan menjadi sensasi yang cukup menyenangkan sekaligus bisa mempercantik feeds Instagram.

8. The Heritage Palace

Inilah destinasi paling hits saat ini di Sukoharjo. The Heritage Palace ini merupakakan destinasi wisata baru hasil revitalisasi Pabrik Gula (PG) Gembongan, Kartasura. Tepatnya berada di Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulya, Rt 02/Rw 08, Pabean, Kartasura, Sukoharjo.

Hingga saat ini The Heritage Palace mampu menarik banyak pengunjung, karena suasananya yang kental dengan nuansa Eropa klasik tempo doeloe. Salah satu bangunan yang sangat menarik perhatian adalah bangunan gaya romawi yang mewah nan megah.

Kawasan The Herritage Palace ini merupakan bangunan cagar budaya (BCB) bekas pabrik gula peninggalan jaman kolonial Belanda. Bangunan ini berdiri sejak tahun 1892, dan mempunyai luas lahan sekitar 2,2 hektar. Sedikitnya ada sembilan bangunan kuno di area bekas pabrik gula ini, dan masih lengkap dengan cerobong asapnya setinggi 20 meter. Namun baru tiga bangunan yang dibuka untuk umum.

9. Wisata Alam Batu Seribu

Sukoharjo memang juga memiliki Geopark Batu Seribu. Lokasinya ada di Gentan, Sukoharjo. Karena sangat instagramable, kawasan ini kerap didatangi generasi zaman now. Jalan masuknya juga seksi karena harus melewati terowongan berbentuk mulut naga. Di dekat pintu ini terdapat sumber air yang menyegarkan di bawah pohon gondang yang rimbun.

Kawasan ini memang masih alami. Lokasinya eksotis karena berada di Pegunungan Batu Seribu dengan banyak sumber air yang tidak pernah kering. Oleh warga, sumber air ini disebut Sumbber Pecinan. Dan, nuansanya menjadi semakin klasik karena di wilayah itu juga berdiri hutan jati dengan panorama indah.

10. Alas Karet, Polokarto

Saat ini liburan tidak melulu ke tempat dengan pemandangan indah. Latar belakang yang fotogenic pun bisa menjadi pilihan untuk sekadar mempercantik halaman media sosial.

Seperti sebuah perkebunan karet di Sukoharjo, Jawa Tengah yang kini kerap dikunjungi anak-anak muda untuk sekadar menyegarkan pikiran dan bergaya di depan kamera. Meski hanya dipenuhi pohon-pohon karet tanpa variasi bangunan baru, perkebunan ini rupanya menjadi favorit warga lokal

Alas Karet Polokarto terletak di Desa Polokarto, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Pohon karet yang ditanam di alas ini hampir mencapai 30 ribu pohon pada 2016.

Dipenuhi dengan pohon karet yang ditanam dengan garis yang rapi dan tumbuh tinggi mencapai 20 meter, alas karet ini terlihat begitu indah untuk difoto. Bahkan jika tidak ada obyek manusianya sekali pun.

Tak mengherankan jika Alas Karet Polokarto menjadi salah satu lokasi favorit para fotografer untuk menciptakan karya. Alas ini juga sering dipilih menjadi lokasi foto prewedding.

0 komentar:

Posting Komentar