Kamis, 09 Mei 2019


Buah legit yang berasal dari pohon palem ini memang termasuk salah satu panganan khas Ramadan. Saat bulan puasa tiba, biasanya para pedagang kurma langsung bermunculan. Tampaknya budaya makan kurma saat Ramadan memang masih diikuti warga muslim Indonesia. Pasalnya ini memang termasuk salah satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW saat menjalankan ibadah puasa.

Bicara soal buah kurma, ada beberapa jenis yang paling banyak dicari saat bulan Ramadan. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kurma Deglet Noor
Kurma ini berarti 'kurma yang bercahaya', karena buahnya tampak berwarna keemasan saat berada di bawah pancaran sinar matahari. Kurma ini banyak tumbuh di Tunisia, Aljazair, hingga Amerika Serikat.

Tekstur daging buah kurma deglet noor sangat lembut. Rasa manisnya pun seperti madu.

2. Kurma Halawi
Pecinta makanan manis pasti akan suka dengan kurma yang satu ini. Kurma Halawi merupakan kurma yang sangat manis. Nama Halawi sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti manis. Ukurannya kecil dan memiliki daging buah yang sangat lembut.

3. Kurma Zaghloul
Kurma ini dikenal juga sebagai kurma merah. Pasalnya kurma zaghloul memang memiliki warna merah saat masih muda. Bentuknya panjang dan agak lonjong. Rasanya pun sangat manis. Kurma ini berasal dari Mesir dan termasuk kurma yang harganya mahal.

4. Kurma Thoory
Kurma ini biasa disebut kurma Thuri. Thuri disebut sebagai 'kurma roti' karena teksturnya keras dan seperti kue. Kurma ini sangat populer di Aljazair. Warnanya cokelat kemerahan dan kulitnya cenderung keriput.

5. Kurma Khadrawi
Kurma Khadrawi berasal dari Irak. Walaupun ukurannya kecil, kurma ini memiliki kadar air yang tinggi. Rasanya yang tidak terlalu legit cocok untuk Anda yang kurang suka makanan manis. Warnanya merah gelap dan kulitnya kering bersisik seperti kertas.

6. Kurma Ajwah
Kurma yang satu ini populer dengan sebutan kurma nabi karena dipercaya menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Bentuknya kecil dengan warna coklat tua cenderung hitam. Teksturnya pun halus dan lembut. Kurma ini banyak dibudidayakan di Madinah.

Itulah jenis-jenis kurma yang populer di Indonesia sepanjang bulan Ramadan. Jenis mana yang menjadi kesukaan Anda?

0 komentar:

Posting Komentar