Rabu, 29 Mei 2019


Mendekati lebaran seperti saat ini, sebaiknya kita mulai mempersiapkan diri sebelum mudik. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah menjaga tubuh agar tidak drop.

Sebelum mudik, sebaiknya pastikan kondisi tubuhmu kuat terlebih dahulu. Kondisi fit sangat diperlukan untuk menempuh jalan berpuluh-puluh kilometer ke kampung halaman.

"Pastikan kita kuat di perjalanan. Pastikan mau mudik sejauh apa dan lama waktunya harus dipersiapkan bersama fisiknya," ujar Praktisi Kesehatan, Reisa Broto Asmoro di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Reisa mengatakan, kalau diperlukan, konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mudik. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi dan asupan yang harus dibawa selama mudik. Terutama jika mengidap penyakit kronis.

"Kalau butuh pengobatan, obatnya jangan ketinggalan dan makannya jangan sampai telat. Minumnya pun harus cukup," kata dia.

Reisa mengatakan ada satu kebiasaan orang-orang ketika hendak mudik. Mereka mengurangi minum agar menghindari toilet.

Padahal, lanjut dia, kurang minum menyebabkan daya tahan tubuh menurun, mudah terserang penyakit, dan mengganggu metabolisme.

Reisa juga menekankan agar pemudik tetap menjaga kesehatan lambung selama Lebaran. Diusahakan sebisa mungkin mengurangi makanan berlemak dan minyak.

"Lambungnya juga harus dijaga, jangan sampai sakit maag. Lebaran biasanya makanannya berlemak dan minyak yang berbahaya juga untuk lambung. Jadi, sediakan makanan sehat dan air minum yang cukup, tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar